Rabu, 03 Agustus 2016

PROSENTASE...PERSENTASE...PRESENTASE...PRESENTASI

Setelah saya mencoba mencari di buku Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), saya tidak menemukan satu pun kata "presentase". 
Kata yang ada hanyalah "persentase" yang merujuk pada arti; bagian dari keutuhan yang dinyatakan dengan persen, perseratus atau bagian yang diperkirakan. (Cek juga melalui KBBI-online
Belum puas dengan KBBI, saya mencoba browsing melalui Wikipedia
Dan hasil yang saya temukan, seperti ini; ----Persentase atau peratus adalah suatu cara untuk menyatakan fraksi dari seratus. 
Persentase sering ditunjukkan dengan simbol "%". Persentase juga digunakan meskipun bukan unsur ratusan. Bilangan itu kemudian diskalakan agar dapat dibandingkan dengan seratus.
 

"presentasi". Karena menurut KBBI (setelah saya buka kembali), presentasi artinya penyajian pertunjukan (tentang sandiwara, film, diskusi, dsb).
"Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis. Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk membujuk (biasanya dibawakan oleh wiraniaga), untuk memberi informasi (biasanya oleh seorang pakar), atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu)." isi dari Wikipedia.
“Prosentase”...di cari-cari..kok nggak ketemu?