Selasa, 13 Januari 2015

Cara Melindungi Dokumen Ms Word

Anda mungkin memiliki beberapa dokumen di Ms Office Word yang tidak boleh dibuka oleh sembarangan orang. Untuk melindungi dokumen seperti itu, anda bisa menyimpannya dalam bentuk enkripsi yang tidak bisa dibuka tanpa menggunakan password atau mungkin anda ingin membuat dokumen yang bisa dibuka dan dibaca semua orang, tapi anda ingin membatasi orang-orang tersebut untuk mengedit dokumen kecuali jika mereka mengetahui passwordnya.

Penggunaan password saat ini dianggap sebagai proteksi yang paling efektif,. Karena dengan password, biasanya proteksi yang digunakan berupa kombinasi huruf dan angka yang hanya anda sendiri yang mengetahuinya. Itulah mengapa password banyak digunakan sebagai proteksi untuk melindungi sesuatu.

Di Ms Office Word, anda bisa menggunakan password untuk kedua tipe proteksi tersebut. Mungkin anda pernah mengalami kejadian di mana hasil ketikkan anda tiba-tiba berubah berantakan tidak karuan yang kemudian mengakibatkan pekerjaan anda menjadi kacau dan tidak terselesaikan. Komputer yang digunakan secara berjamaah baik di kantor atau di rumah atau mungkin saja Laptop anda sering di pinjam sama teman anda untuk menyelsaikan tugasnya, Hmmm...serba salah kan? nggak di kasih pinjam rasanya nggak enak sekali, kalau di pinjamin kita jadi khawatir data-data kita akan hilang atau rusak,bahkan mungkin bukan hanya masalah file dokumen word saja, tapi bisa juga berkaitan dengan file-file pribadi di dalam Windows Explorer. Saya yakin anda juga akan merasa marah bercampur kesal jika mengalami hal tersebut, tapi untuk anda yang tidak ingin mengalami penderitaan itu ada satu cara untuk mencegah tindakan editing baik disengaja ataupun tidak disengaja, misalnya akibat ulah anak anda yang masih balita dan belum paham apa yang dilakukan terhadap komputer atau laptop anda. Caranya dengan melindungi file dokumen anda dengan password sehingga hanya anda dan orang yang mengetahui password yang dapat melakukan perubahan terhadap dokumen tersebut.

Ada beberapa cara melindungi File dokumen anda 
  1. Tidak bisa di buka sama sekali
  2. Bisa di buka tetapi tidak bisa di edit (Read Only) 
Untuk itu saya akan coba memberika triknya :

CARA PERTAMA

Pertama: Buka dokumen Microsoft Word anda dan klik menu Review kemudian klik Protected Document, maka akan muncul jendela kecil di sebelah kanan dokumen Word anda. Klik Restrict Formatting and Editing :


Kedua: Masih di jendela kecil sebelah kanan anda, akan muncul jendela lebih panjang dengan beberapa pengaturan. Pertama centang Limit Formatting to a selection of styles, kemudian centang Allow only this type of editing in the document kemudian klik tombol Yes, Start Enforcing Protection.


Ketiga: Setelah anda klik tombol Yes, Start Enforcing Protection maka akan muncul jendela baru yang meminta anda mengatur password yang anda inginkan agar dapat melakukan perubahan pada dokumen di kemudian hari. Setelah anda masukkan pasword, klik tombol OK untuk melanjutkan dan sampai di sini langkah perlindungan dokumen anda telah selesai dan dokumen anda dipastikan aman dari resiko kejadian yang tidak diinginkan. Setiap pengguna lain yang mengakses dokumen anda hanya bisa membaca tanpa dapat melakukan modifikasi karena telah terlindungi oleh password, untuk itu pastikan password yang anda gunakan tidak mudah ditebak.
Setelah dokumen anda aman dari tangan-tangan jahil, sekarang bagaimana jika anda yang ingin melakukan modifikasi terhadap dokumen tersebut, caranya gampang. Cukup arahkan mouse anda ke dalam dokumen dan cobalah untuk melakukan perubahan, komputer akan memberikan peringatan di sebelah kanan dokumen berupa tampilan seperti gambar di bawah ini.


Klik saja Stop Protection dan anda akan diminta mengisi password yang telah anda atur sebelumnya,

klik OK dan anda dapat melakukan perubahan dan modifikasi pada dokumen tersebut seperti biasa. Ingat, lakukan perlindungan kembali jika anda ingin menyimpan dan menutup dokumen.

CARA KEDUA

Cara kedua ini ada dua pilihan yaitu file tidak bisa dibuka sama sekali dan file bisa dibuka tapi tidak bisa di edit (read only)

Caranya :
Saat anda akan menyimpan file anda arahkan kursor ke Save As silahkan tentukan pilihan format Ms Word anda apakah Word Dokument atau Word 97-2003 Document 


kemudian tentukan dimana file tersebut akan di simpan, tapi sebelumnya
arahkan kursor anda ke Tool, dan akan muncul beberapa pilihan, pilih General Option ;

Selanjutnya akan muncul seperti screen shoot dibawah, masukkan Password anda
  • Password to open : password untuk membuka file (jika dikosongkan maka file bisa di buka)
  • Password to modify : password untuk mengedit file

selanjutnya tekan OK, maka nanti akan keluar konfirmasi jika kedua kolom password terisi 


Silahkan diisi sesuai dengan Passwor di atas.

Bagaimana, mudah bukan? dengan cara ini Anda dapat memberikan perlindungan lebih pada dokumen Microsoft Word Anda tanpa khawatir kehilangan hasil kerja yang sebelumnya Anda kerjakan. Awas, jangan sampai lupa passwordnya!

Jika anda lupa passwordnya, anda masih bisa membuka file anda dengan cara melakukan ekstrak password. Tutorialnya akan saya share pada postingan berikunya, jadi jangan bosan bosan ya berkunjung ke sini....kwkwkwk
terima kasih atas kunjungan anda, semoga bisa bermanfaat.