Jumat, 24 Mei 2019

Tak ada rotan akarpun jadi … Akses WhatsApp dibatasi dengan VPN pun jadi.


Virtual: hal yang tidak nyata atau semu
Private: hal yang sifatnya pribadi, tidak bisa diakses sembarang orang. Untuk menjaga kerahasiannya dari jaringan publik maka semua data akan di-enkripsi
Network: jaringan koneksi yang saling terhubung.

VPN adalah hubungan atau koneksi yang terjadi secara virtual pada jaringan tertentu tanpa adanya koneksi riil yang .ter-ENSKRPSI >>> (Enkripsi =Encryption berasal dari bahasa yunani kryptos yang artinya tersembunyi atau rahasia) ; Enkripsi adalah suatu metode yang digunakan untuk mengkodekan data sedemikian rupa sehingga keamanan informasinya terjaga dan tidak dapat dibaca tanpa di dekripsi (kebalikan dari proses enkripsi) dahulu. )

VPN menjadi perantara yang mengkoneksikan satu jaringan dengan jaringan lainnya secara privat dengan menggunakan alamat IP (internet protocol) yang berbeda dari yang digunakan.
Umumnya, ketika kita mengakses sebuah website di internet, maka kita akan terhubung dengan ISP (Internet Service Provider). Semua trafik data permintaan untuk website yang kita akses akan melewati server ISP dan bisa dilihat oleh pihak ISP.
Ketika  menggunakan VPN saat mengakses internet. VPN akan mengenkripsi data sehingga hanya pengguna server VPN yang bisa mengetahui trafik data pengguna dan situs yang dibuka oleh pengguna.

Jika saat ini Anda menggunakan alamat IP internet di Sumbawa, dengan menggunakan VPN maka bisa saja Anda akan menggunakan alamat IP internet Malaysia atau Eropa untuk mengakses internet.
VPN akan meningkatkan keamanan pengguna dalam beraktivitas di internet namun keamanan ini terjaga bila VPN dimiliki secara pribadi, karena VPN ada dua jenis yang beredar, gratisan dan berbayar. Untuk yang gratisan bisa langsung download di Play Store untuk Android dan Apple Store bagi pengguna Apple
Ketika di akses secara global, maka faktor kemanan menjadi resiko tersendiri karena informasi sensitive dapat diakses.Diperlukan perhatian ekstra dalam penetapan sistem keamanan VPN, bagi yang tidak faham berhati-hati.

Pertanyaannya Apakah anda menggunakan VPN yang gratisan atau berbayar??
VPN yang gratisan resikonya jika system keamanannya tidak terjaga..hmmm…jangan heran bila dimasa depan data-data privat anda diakses orang lain…misalnya foto-foto atau video pribadi anda berada di tangan orang lain, AKun media social, password, login mobile banking, atau e-comerce ; akses Banking anda dalam penguasaan orang lain ….ngeeek.

Selamat berpuasa dan Selamat berVPN Gratis,